SELAMAT DATANG DI PERCETAKAN SINBUANA

Membuat Grafik di Google Earth

ge graph

Google Earth bisa dimanfaatkan sebagai alat presentasi berbasiskan keruangan yang sangat canggih. Misalnya untuk menggambarkan populasi orang atau populasi suatu obyek tertentu. Posting kali ini saya ingin menunjukkan cara membuat grafik di Google Earth untuk menunjukkan perbandingan jumlah kendaraan motor roda dua di DKI Jakarta. Data yang ada hanya contoh saja, bukan merupakan data yang sebenarnya.

Untuk bisa membuat grafik di Google Earth, Anda bisa menggunakan software tambahan yaitu GE Graph. Saat ini tersedia versi 2.2. Setelah di install, GUI dari GE Graph tampak seperti gambar di bawah ini. Read the rest of this entry »

Jasa Download Google Earth Image

google earth

Mulai sekarang saya menerima jasa untuk melakukan download image yang terdapat di Google Earth. Setelah sebelumnya melakukan pemberitahun jasa ini hanya dari mulut ke mulut, kini saya lakukan secara online. Seperti diketahui di dalam Google Earth terdapat high resolution image dari Digital Globe, Terrametrics dan juga SPOT 5. Jika Anda membutuhkan image seperti yang terdapat di Google Earth, saya bersedia membantu Anda untuk mendownload image / citra satelit kebutuhan Anda tersebut. Anda cukup mengirimkan Area of Interest (AOI) atau wilayah studi/ area project Anda dalam bentuk shapefile dan memiliki sistem proyeksi yang jelas, Geographic atau UTM berikut dengan Zone-nya. Read the rest of this entry »

Google Earth Plus Discontinued

Google tidak lagi melanjutkan versi Google Earth Plus yang berbiaya $20/tahun tersebut. GoogleEarth Plus memiliki dua fitur utama yang membedakan dengan versi gratisannya yaitu : GPS support, dan pembatasan input dari spreadsheet. Kedua kemampuan ini sebenarnya bisa dilakukan pada versi GoogleEarth yang Free dengan memanfaatkan tools dari pihak ketiga (baik yang gratis maupun berbayar). Google sendiri pada akhirnya mengumumkan bahwa fitur GPS Support adakn tersedia pada GoogleEarth versi Free pada update berikutnya. Dan juga bagi yang telah membayar biaya berlangganan GoogleEarth Plus sebesar $20/tahun, Google menawarkan upgrade ke GoogleEarth Pro hanya sebesar $99 (normalnya $400/tahun). Google juga menawarkan 2 bulan free trial GoogleEarth PRo. Berikut gambaran perbandingan fitur dan harga 3 versi dari GoogleEarth. Read the rest of this entry »

Top 10 Online Mapping Tools

Berikut adalah 10 Online Mapping Tools terbaik. Pemeringkatan ini dibuat oleh BestInterestingNews.com. Posting ini merupakan terjemahan bebas dari situs yang sama berikut gambar yang menyertainya.


10. HousingMaps - Salah satu teknologi online mapping tools yang paling berhasil, HousingMaps adalah virtual Mashup dari Craigslist dan Google Maps. Sebagai alat untuk mencari real estate untuk dijual atau sewa, ada beberapa pilihan yang lebih baik secara online. Intinya adalah sederhana: ekstrak daftar favorit Anda, tambahkan Google Maps API dan mendapatkan visual peta properti. Serupa lainnya termasuk mashup Chicagocrime.org (Google Maps & statistik kejahatan di Chicago) dan DoubleTrust.net (pencari Google dan Yahoo! Secara bersamaan).

housingmaps.com
Read the rest of this entry »

Kumpulan Geo Photo Tools Untuk Menentukan Lokasi Foto dalam Google Earth

geo photo tools

Geo Photo tools berikut memungkinkan Anda secara otomatis untuk menentukan lokasi untuk foto Anda dalam Google Earth